Berita

Wujudkan Enterpreneur Kalangan Mahasiswa, Menuju Indonesia Emas 2045

24 Juli 2024


Wujudkan Enterpreneur Kalangan Mahasiswa, Menuju Indonesia Emas 2045 

Road show sekolah wirausaha untuk mahasiswa, dengan tema "Cilacap Maju Besar: Bangun dan Tingkatkan Mental Wirausaha dalam Dunia Pendidikan. Acara diselenggarakan atas kerjasamanya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Cilacap dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI-PT) Kabupaten Cilacap. Diselenggarakan di aula Kampus STIE Muhammadiyah Cilacap, Senin (15/07/2024).

Ketua IMM STIE Muhammadiyah Cilacap Zahrotul Hanifah mengungkapkan acara road show sekolah wirausaha atas kerjasama IMM STIE Muhammadiyah Cilacap dan HIPMI PT Cilacap. 

"Senang dan bersyukur, karena diberi kesempatan oleh HIPMI PT Cilacap untuk melakukan kolaborasi dengan  IMM STIE Muhammadiyah Cilacap. Dalam kegiatan sekolah wirausaha," jelasnya.

Ditambahkan Zahrotul, dengan kolaborasi ini, semoga visi STIE Muhammadiyah Cilacap, Islami, Berkarakter, Enterpreneur dan Unggul bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya. Sekolah wirausaha, bagi mahasiswa untuk mewujudkan visi enterpreneur.

Mahasiswa yang mungkin sudah memiliki usaha lebih maju dan semakin maksimal. Dengan adanya sekolah wirausaha atas kolaborasi HIPMI PT Cilacap dan IMM STIE Muhammadiyah.

"Alhamdulillah sekolah wirausaha berjalan lancar, saya juga bergabung di HIPMI PT Cilacap," katanya.

Diharapkan setelah diselenggarakan sekolah wirausaha, maka 20 mahasiswa didata yang akan bergabung untuk mengikuti pelatihan wirausaha. Dengan mentor dari anggota HIPMI PT Cilacap yang sudah sukses.

"Mahasiswa untuk mengikuti pelatihan khusus wirausaha yang diagendakan bulan Agustus 2024," jelasnya.

Ketua HIPMI PT Cilacap Rizki Anugrah Permana mengatakan bekerjasama dengan IMM STIE Muhammadiyah Cilacap untuk kegiatan sekolah wirausaha. Semoga tumbuh mental-mental wirausaha baru, khususnya di kalangan mahasiswa.

"Alhamdulillah sekolah wirausaha berjalan lancar, Pak Syamsul Aulia Rahman juga hadir. Kita disupport untuk pembentukan HIPMI PT Cilacap, khususnya untuk anak-anak muda," ungkapnya.

Narasumber Sekolah Wirausaha Syamsul Aulia Rahman menjelaskan bersama HIPMI PT Cilacap dan pengusaha muda untuk Perguruan Tinggi. Dengan 
memotivasi bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan persiapan menuju Indonesia emas 2045. 

"Mahasiswa harus dibekali kewirausahaan sedini mungkin, mulai fase Perguruan Tinggi untuk siap menjadi seorang entrepreneur atau seorang wirausaha," urainya.

Menurut Syamsul, untuk siap menjadi seorang wirausaha, selain materi resmi dari kampus. Juga harus didorong dari pihak luar kampus. Dengan mempunyai pengalaman sebagai Wakil Bupati Cilacap dan menekuni wirausaha. Maka, berbagi pengalaman kepada adik-adik mahasiswa. Dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan modernisasi dan globalisasi.

"Kita sikapi dan siapkan, agar mahasiswa menjadi seorang entrepreneur luar biasa dan sukses," harapnya.

Langkahnya dengan dibentengi serta dibekali oleh moral yang baik, karena sebagian kunci agar mereka tidak tergerus dengan hal negatif. Agar bisa memegang kendali untuk kemajuan.

"Peluang pengembangan potensi Cilacap yang luar biasa. Saya yakin nanti dipegang oleh anak muda," tegasnya.

Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap Tri Nur Indah Yanti Yulian mengharapkan kegiatan yang mendukung visi misi STIE Muhammadiyah Cilacap, sat ini HIPMI PT Cilacap kerjasama IMM STIE Muhammadiyah Cilacap mengadakan Sekolah Wirausaha. Mahasiswa dapat menangkap peluang-peluang usaha dan akses permodalan.

"Kegiatan enterpreneur di STIE Muhammadiyah Cilacap, kita dukung secara maksimal," pungkasnya. (Wasis)

suaramuhammadiyah

Berita Lainnya